Berinternet dengan cara Aman

Siapa yang gak tahu warnet? Siapa bilang ber-internet sulit? Siapa bilang biaya akses dari warnet mahal? Mudah, murah dan cepat menjadi daya tarik pengguna untuk lebih sering mengakses internet via warnet. Namun bukan tanpa resiko. Beberapa tip dibawah ini dapat membantu untuk lebih aman dalam ber-internet ria

Hapus Browsing History
Jangan lupa untuk menghapus cookies, form data, history, dan temporary Internet files. Jika anda menggunakan Internet Explorer 7, dapat dilakukan dengan Tools | Delete Browsing History. Untuk versi yang lebih lama , setiap item harus dihapus secara terpisah melalui Tools | Internet Options.
Pada Mozilla Firefox, Gunakan Tools | Options, klik Privacy tab, pilih Always Clear My Private Data When I Close Firefox. Secara default, ini akan menghapus browsing history, download history, form information, cache, dan authenticated sessions. Klik Settings dan pilih ‘options to erase your cookies and saved passwords’.

Jangan dimpan file pada lokal komputer

Jika anda menggunakan komputer yang bukan milik anda, usahakan untuk tidak menyimpan file anda pada lokal disk, hal ini untuk menghindari komputer berisi/penuh file milik anda yang mungkin saja anda lupa menghapusnya, lebih aman untuk menggunakan flash drive milik anda sendiri.

Jangan simpan password
Ini sangat berbahaya. Untuk memastikan password tidak tersimpan, pada Internet Explorer 7, gunakan Tools | Internet Options | Content. Pada AutoComplete panel, klik Settings button dan pastikan bahwa Prompt Me To Save Passwords check box tidak dipilih. Matikan juga fitur AutoComplete. Pada Firefox, gunakan Tools | Options | Security dan pastikan bahwa Remember Passwords For Sites tidak dipih.

Jangan lakukan online banking
Jarang sekali komputer publik yang betul-betuk aman. Jika ingin men-cek saldo tabungan anda lebih baik cari ATM atau cabang terdekat dari bank anda. Bisa saja komputer telah dipasangi program key logger (oleh orang yang tidak bertanggung jawab) yang bisa menyadap semua ketikan Anda pada keyboard. Selain itu ada juga kemungkinan data sniffing, dimana orang pada komputer lain dalam warnet yang Anda pakai sedang melihat semua traffic data yang berasal dari komputer Anda.
Jangan masukkan informasi apapun tentang kartu kredit
Kemudahan berbelanja tidak sebanding dengan apa yang akan terjadi jika kartu kredit anda dibajak, jika terpaksa lakukan dari komputer pada tempat yang anda yakin aman.

Hapus temporary files
File Temporary sering disebut sebagai “temp files”, bukan temporary Internet file, file jenis ini dibuat pada saat anda menjalankan program selain Web browser. Misalnya , jika anda menggunakan Word document, selain file dokumen yang anda buat, word akan membuat file temporary untuk mencegah kehilangan data pada saat proses simpan gagal.
Seringkali file-file ini tidak terhapus pada saat program kita tutup. Cari file ini dengan masukan word atau prase *.tmp,*.chk,~*.* dan lakukan Shift + Delete untuk menhapus. ( Jika hanya menggunakan tombol Delete maka file memang terhapus tetapi akan tersimpan di Recycle Bin)

Hapus pagefile
pagefile adalah lokasi pada hard disk yang berfungsi sebagai memori virtual pada Windows. Tujuannya adalah untuk swap out data dari RAM sehingga program dapat beroperasi seolah-olah mereka memiliki RAM lebih tersedia daripada Anda benar-benar telah terinstal di komputer. Apa pun yang dapat disimpan di memori juga bisa disimpan di pagefile tersebut. Untuk memiliki secara otomatis dibersihkan pada saat shutdown, Anda perlu menggunakan Local Security Policy.
Untuk mengakses Local Security Policy, buka kontrol panel, double-klik Administrative Tools, double klik pada Local Security Policy. Kemudian, klikSecurity Options dalam pane kanan dan gulir ke bawah untuk Shutdown: Clear Virtual Memory Pagefile. Double-klik yang item dan pastikan itu diaktifkan.
Catatan: Pada banyak komputer publik Anda tidak akan memiliki hak untuk mendapatkan Local Security Policy, dan sementara tugas ini juga dapat dicapai dari registri, pada mesin-mesin Anda mungkin tidak akan dapat menggunakan regedit baik. Dalam hal ini, Anda dapat menghapus file halaman secara manual. Pertama Anda harus mengubah pengaturan pada Windows Explorer. klik View, Folder Options dan tab View, kemudian gulir ke bawah dan klik Show Hidden File Dan Folder. Hapus centang pada Hide Protected Operating System File kotak centang. Sekarang, menemukan file bernama pagefile.sys. Hal ini biasanya (tapi tidak selalu) di C: drive. Hapus itu; yang baru akan dibuat ketika sistem reboot.
ReStart/Reboot
Bila Anda selesai menggunakan komputer umum, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah reboot keras. Hal ini tidak hanya jelas pagefile, jika Anda telah mengaktifkan dalam options, tetapi juga akan membersihkan segala sesuatu yang Anda lakukan dari memori fisik (RAM). 

Boot dari boot device yang lain
Ini adalah pilihan yang cukup canggih, dan salah satu yang sering diabaikan. Jika anda boot dari salah satu drive USB Anda sendiri atau dari CD, banyak masalah yang disebutkan di atas dapat dihindari. Saat ini, banyak distribusi Linux memiliki pilihan untuk berjalan sepenuhnya dalam memori setelah boot dari CD. Jika komputer umum memiliki BIOS its pilihan kiri di default (yang terjadi lebih sering daripada yang Anda akan berpikir), ini bisa menjadi pilihan. Jika Anda dapat melakukan ini dan ingat untuk tidak menyimpan file lainnya ke hard drive lokal, semuanya akan hilang ketika Anda reboot. 


Perhatikan sekeliling 
Akhirnya, Anda harus ingat untuk memperhatikan hal-hal di luar komputer yang sebenarnya yang bisa risiko. Berhati-hatilah orang asing di sekitar Anda (surfer bahu potensial) dan ingat bahwa komputer umum hanya bahwa - publik. Jangan melihat dokumen yang benar-benar sensitif Anda tidak tahan untuk orang lain untuk melihat. Ingat kamera keamanan di bahu Anda. Anda Sampul tangan dari pandangan saat memasukkan informasi login untuk mencegah mata-mata biasa. Yang paling penting, ingatlah bahwa tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk membuat komputer umum benar-benar aman. Seorang pemilik benar-benar berbahaya atau pengguna dapat menginstal keystroke logger hardware yang akan mustahil untuk mendeteksi tanpa benar-benar membuka kasus tersebut dan memeriksanya. Dengan pikiran yang kurang nyaman, menggunakan akal sehat dan menggunakan komputer publik hanya untuk tugas nonsensitive.  

0 Response to "Berinternet dengan cara Aman"

Posting Komentar

Powered by Blogger